Larung Sembonyo Pantai Prigi Trenggalek

Diposting pada

Para nelayan yang berdomisili di pesisir pantai prigi sangat bersyukur karena sudah bisa memanen hasil lautnya. Larung sembonyo is held by local fishermen in prigi beach about 48 km south of trenggalek city in selo of eleventh month of javanese calender.

Larung Sembonyo Wikipedia Bahasa Indonesia Ensiklopedia Bebas

Larung sembonyo adalah budaya sedekah laut yang telah dilakukan secara turun temurun oleh nenek moyang dari masyarakat lokal nelayan prigi terwujud dalam upacara adat.

Larung sembonyo pantai prigi trenggalek. Hal ini merupakan bentuk rasa syukur masyarakat nelayan prigi akan hasil laut yang telah diperoleh. Hikayah ini menceritakan tentang awal. Larung sembonyo di pesisir selatan prigi kecamatan watulimo kabupaten trenggalek jawa timur salah satunya.

Wisata budaya larung sembonyo di trenggalek adalah tempat wisata yang ramai dengan wisatawan pada hari biasa maupun hari liburan. Upacara ini juga sebagai permohonan akan keselamatan masyarakat nelayan prigi ketika mencari ikan di laut. Larung dalam kamus besar bahasa indonesia v berartikan peti mayat yang tidak berdasar.

Tradisi dan budaya yang dilestarikan masyarakat ini lahir dari mitos atau hikayah yang berkembang dan diyakini oleh masyarakat teluk prigi. Larung sembonyo pantai prigi trenggalek. Wisata budaya larung sembonyo di trenggalek adalah salah satu tempat wisata yang berada di teluk prigi desa tasik madu atau karanggongso kecamatan watulimo kabupaten trenggalek jawa timur indonesia.

Tradisi dan budaya yang dilestarikan masyarakat ini lahir dari mitos atau hikayah yang berkembang dan diyakini oleh masyarakat teluk prigi. Labuh larung sembonyo merupakan upacara adat perwujudan rasa syukur nelayan terhadap tangkapan ikan yang melimpah dan permintaan keselamatan bagi nelayan prigi saat melaut. Larung sembonyo itu sendiri sebenarnya sudah masuk ke dalam kebudayaan dari masyarakat yang tempat tinggalnya berada di pinggir pantai prigi bagian dari kota trenggalek provinsi jawa timur.

Pada tradisi ini arti larung berarti menghanyutkan. Makna peti ini digantikan dengan tumpeng raksasa. Labuh larung sembonyo merupakan upacara adat perwujudan rasa syukur nelayan terhadap tangkapan ikan yang melimpah dan permintaan keselamatan bagi nelayan prigi saat melaut.

Hikayah ini menceritakan tentang awal dibukanya kawasan atau babad alas teluk prigi. Larung sembonyo is not only a ritual ceremony which is mean to thank to god because of his blessing but also in memorize the wedding party of raden tumenggung yudha negara mataram army commander by keeping his promise that he would marry gambar.

Ngalap Berkah Hasil Laut Melimpah Tradisi Larung Sembonyo Koranmemo Com

Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan Berita

Larung Sembonyo Tradisi Nelayan Pantai Prigi Sebagai Rasa Syukur Pojokpitu Com

Larung Sembonyo Tradisi Eksotis Nelayan Di Trenggalek

Larung Sembonyo Budaya Eksotis Warga Pesisir Pantai Prigi Trenggalek Jtv Mataraman

Larung Sembonyo Pantai Prigi Watulimo Trenggalek Youtube

Upacara Larung Sembonyo Warga Prigi Trenggalek Bentuk Doa Dan Rasa Syukur Para Nelayan Tribun Jogja

Upacara Labuh Laut Di Pantai Prigi Trenggalek Dibayangi Rasa Was Was Dan Ketakutan Tribun Jatim

Berharap Tangkapan Melimpah Nelayan Trenggalek Gelar Larung Sembonyo

Larung Sembonyo Larung Tumpeng Nelayan Di Pantai Prigi Trenggalek Wanimbambung

Pusat Informasi Pelabuhan Perikanan Berita

Nelayan Trenggalek Lestarikan Tradisi Nenek Moyang

Bupati Trenggalek Larung Sembonyo Akan Didorong Masuk Muri Memontum Com

Pantai Prigi Trenggalek Sebagai Wisata Pantai Yang Masih Alami

Ada Ancaman Ombak Tinggi Tradisi Larung Sembonyo Di Trenggalek Sepi Tribunnews Com Mobile

Titaniary Nuasmikgi Sugiantoro Kebudayan Trenggalek

Upacara Adat Labuh Laut Pantai Prigi Trenggalek Tarik Wisatawan Faktualnews Co

Larung Sembonyo Tradisi Adat Nelayan Pantai Prigi Trenggalek Trip Jalan Jalan

Tradisi Turun Temurun Labuh Larung Sembonyo Digelar Di Pantai Karanggongso Duta Co Berita Harian Terkini

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *